Penerapan Media Power Point Pada Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 MIS Darussa’adah Bunobogu

Penulis

  • Aminah Rajak Buhang MIS Darussa’adah Bunobogu

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Media Power Point

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Diketahui bahwa siswa kelas 1 memiliki nilai harian yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Dari observasi awal diperoleh hasil siswa yang memiliki nilai ketuntasan minimal sebanyak 8 siswa dari 15 keseluruhan siswa atau sekitar 40%, Masalah yang muncul adalah siswa mudah bosan dan bermain dalam menerima materi pelajaran. Siswa merasa jenuh dengan pembelajaran yang hanya menggunakan metode cerama, media pembelajaran yang dipakai juga masih tergolong konvensional dan kurang menarik minat siswa, saat proses pembelajaran siswa kurang tertarik untuk menerima materi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 dengan menerapkan penggunaan media power point. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Penelitian ini adalah siswa kelas 1 MIS Darussa’adah Bunobogu yang berjumlah 15 sisiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan media power point selama pembelajaran mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase ketuntasan 60 % pada siklus I dan 93,3% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media power point pada pembelajaran fiqih dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 MIS Darussa’adah Bunobogu

Diterbitkan

2021-08-02

Cara Mengutip

Rajak Buhang, A. (2021). Penerapan Media Power Point Pada Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 MIS Darussa’adah Bunobogu. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 185–196. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4080

Terbitan

Bagian

Articles