Pelayanan Publik Pada SD Islam Bintang Mahardika, Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Analisis Pada Sektor Pendidikan Perspektif Hukum Islam
DOI:
https://doi.org/10.30603/am.v16i1.1738Kata Kunci:
Pelayanan Publik, Pendidikan, Sekolag Dasar IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan publik di sektor pendidikan yang diberikan oleh pihak SD Islam Bintang Mahardika Tilongkabila Bone Bolango terhadap peserta didik, orang tua atau wali peserta didik dan pihak terkait. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan diolah dengan deskriptif kualitatif. Temuan penelitian mendeskripsikan bahwa sesuai sistem operasional prosedur pelayanan publik di sektor pendidikan, berdasar pada model pelayanan yang mengedepankan nilai-nilai humanis, baik kepada peserta didik, orang tua/wali, masyarakat maupun pihak berkepentingan. Kualitas pelayanan publik diterapkan pada sikap dan kepedulian para guru dan pegawai dalam memberikan pengajaran, perhatian, motivasi, komunikasi dan kerjasama, kecepatan dan ketangkasan yang berdampak pada terwujudnya kualitas pendidikan.