The Role of As'adiyah Islamic Boarding School in The Implementation of The Understanding of Religious Moderation in Religious Education and Preaching

Authors

  • Muhyiddin Tahir Institut Agama Islam As'adiyah Sengkang
  • Tarmizi Tahir Institut Agama Islam As’adiyah, Sengkang

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v22i1.2918

Keywords:

Asadiyah, religious moderation, education, preaching, Pesantren

Abstract

 Artikel ini mengelaborasi peran Pondok Pesantren As’adiyah dalam menanamkan paham moderasi beragama di bidang pendidikan dan dakwah di Sulawesi. Penelitian ini merupakan penelitian Diskriptif. Subjek penelitian ini pada pondok pesantren as’adniyah di Sulawesi Indonesia bagian timur. Hasil temuan Pondok Pesantren As’adiyah telah menerapkan moderasi beragama pada bidang pendidikan terlihat pada tujuan pendidikan, materi pendidikan dan metode pendidikan sedangkan pada bidang dakwah juga terlihat pada tujuan dakwah, materi dakwah dan metode dakwah. Adapun dakwah moderasi beragama antara lain: munculnya sikap keterbukaan dari warga As’adiyah dari menerima perbedaan-perbedaan yang terjadi, terhindarnya warga As’adiyah daro paham-paham radikalisme terorisme, dan munculnya dalam kehidup warga As’adiyah sikap ramah, arif dan bijaksana dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Downloads

Published

2022-06-01

Issue

Section

Articles