The ‘Thaharah Bermakna’ Training Through The Logo Analysis Model to Build Students’ Positive Characters

Penulis

  • Nurjannah Nurjannah

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v15i2.177

Kata Kunci:

thaharah bermakna, thaharah, logoanalysis, positive characters

Abstrak

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk melihat  pengaruh pelatihan ’thaharah bermakna’ menggunakan model logoanalisis untuk membentuk karakter positif siswa. Eksperimen menggunakan desain tes awal-tes akhir satu kelompok eksperimen ini melibatkan 22 siswa SMP Diponegoro Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala karakter positif (ri=0,316-0,651, α=0,929) dan lembar monitor praktek mandiri ’thaharah bermakna’. Hasil uji with-in subject menunjukkan bahwa pelatihan ’thaharah bermakna’ dan praktek mandiri selama satu minggu, signifikan meningkatkan karakter positif siswa dengan t=0,578 p=0,005 (p<0,010). Sebelum diberi perlakuan, skor rerata subjek sebesar 186,91 dan setelah diberi perlakuan skor rerata subjek meningkat menjadi 193,91. Dalam kajian ini disimpulkan bahwa pelatihan ’thaharah bermakna’ dengan menggunakan model logoanalisis dan praktek mandiri selama satu minggu signifikan meningkatkan karakter positif siswa. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ’thaharah bermakna’ efektif digunakan untuk membentuk karakter positif siswa.  

Diterbitkan

2015-12-01

Terbitan

Bagian

Articles