Strategi Dakwah Multikultural dan Perubahan Sosial di Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v21i1.2113Kata Kunci:
Dakwah Multikultural, Strategi Dakwah, Perubahan SosialAbstrak
Fokus artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana peran dakwah dalam perubahan sosial, serta bagaimana dakwah yang dapat dikembangkan dalam masyarakat multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk memahami (to understand) gejala sosial atau suatu realitas dengan menitikberatkan pada deskripsi yang menyeluruh tentang gejala sosial yang dikaji dibandingkan merincinya menjadi variable-variabel yang saling terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa dakwah bukan hanya sekedar penyampaian pesan nilai-nilai ke-Islaman saja, namun juga berperan dalam perkembangan zaman. Dakwah mampu mendorong daya produktif umat atau berperan sebagai agent of social change. Dakwah yang dapat dikembangkan dalam masyarakat multikultural, antara lain: 1) dakwah lebih diorientasikan pada aspek kualitas dibandingkan kuantitas, 2) dakwah dilaksanakan di atas konsep kebhinekaan, 3) dakwah dengan pendekatan budaya dan bahasa lokal, 4) terus melakukan inovasi dakwah, 5) memahami problem dan kebutuhan umat.