Aktualisasi Peran dan Tantangan Perguruan Tinggi Islam dalam Pencerahan dan Pencerdasan
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v17i2.238Kata Kunci:
Pendidikan Tinggi, Pencerahan, Pencerdasan, Pendidikan Tinggi IslamAbstrak
Artikel ini mengeksplorasi aktualisasi dan tantangan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI). Studi ini menunjukkan bahwa PTAI bukanlah merupakan pengalihan atau transfer of knowledge belaka melainkan manpu membantu para mahasiswa dan masyarakat dalam mengembangkan potensinya. Dalam kasus FKTK UIN Alauddin, studi ini menunjukkan bahwa respon fakultas ini terhadap perubahan sosial dengan usaha membangun kecerdasan dan memperluas wawasan, membangun etos kerja dan menerapkan kurikulum aktif-positif, serta melakukan integarasi keilmuan. Hal demikian menjadi penting dalam rangka menyiapkan peserta didik utnuk mejadi sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademik dan kepekaan social yang tinggi. Studi merekomendasikan bahwa PTAI harus berorientasi kedepan dengan menerapkan pilar pendidikan sejati yakni: learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together.