Multi-Disciplinary Approach in Indonesian Islamic Higher Education: A Western Perspective upon Epistemological Problem, Challenge, and Critique

Penulis

  • Auliya Ridwan

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v17i2.252

Kata Kunci:

A Western Perspective, Epistemological Problem, UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstrak

Perkembangan beberapa Institut Agama Islam menjadi Universitas Islam membawa konsekuensi untuk menghidupkan disiplin keagamaan secara beriringan dengan disiplin ilmu sekuler. Pendekatan multi-disipliner diadopsi dengan menempatkan al-Quran dan Hadits sebagai fondasi pengembangan keilmuan. Tulisan ini mencoba membawa perspektif barat dalam menelaah masalah epistemologi pendekatan multidisipliner di lembaga PT Islam di Indonesia, tantangan-tantangannya, dan kritiknya. Disiplin keagamaan tidak dapat sepenuhnya ditelaah dari disiplin sekuler karena akan menimbulkan konfrontasi kontra-produktif dari kedua otoritas. Dengan demikian, tantangan pendekatan ini adalah mendefinisikan mana wilayah otonom di kedua domain dan mana wilayah irisannya. Secara pragmatis, pendekatan ini harus menghasilkan genre-genre keilmuan baru yang lebih produktif dalam kontribusinya bagi perkembangan peradaban manusia.

Diterbitkan

2017-12-01

Terbitan

Bagian

Articles