Pengalaman Belajar Universitas Selama Disrupsi Pandemi di UIN Antasari Banjarmasin

Penulis

  • M. Daud Yahya UIN Antasari Banjarmasin, Indonesia
  • Tamjidnor Tamjidnor UIN Antasari Banjarmasin, Indonesia
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Abd. Basir UIN Antasari Banjarmasin, Indonesia
  • Akhmad Syahbudin Akademi Maritim Nusantara AMNUS Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v22i1.2616

Kata Kunci:

Pengalaman, Pandemi, Pembelajaran Jarak Jauh, Perguruan Tinggi.

Abstrak

Fokus penelitian ini mengungkapkan tentang pengalaman belajar di salah satu Perguruan tinggi Islam yang ada di Indonesia, yakni UIN Antasari Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada beberapa dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan data yang dapat menjawab permasalahan penelitian ini. Kemudian kami memiliki data wawancara dengan evaluasi dan interpretasi mendalam untuk memahami bagaimana pengalaman belajar, terutama pembelajaran jarak jauh, dan semua masalah yang muncul dan solusi yang diselesaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman belajar yang dialami oleh mahasiswa terdapat tantangan dan peluang. Tantangannya adalah penutupan kelas tatap muka yang tiba-tiba, sehingga ada kekurangan persiapan dalam banyak hal. Sementara itu, peluang bagi akademisi dan mahasiswa untuk membiasakan diri belajar mandiri (salah satu bagian penting dari budaya perguruan tinggi) sejak perkuliahan ditutup, namun dibuka kelas jarak jauh. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak khususnya dalam pengambilan keputusan mengajar di perguruan tinggi.

Diterbitkan

2022-07-19

Terbitan

Bagian

Articles