Identifikasi Best Practice Kepemimpinan Manajemen Pendidikan Agama Islam di Era Persaingan Global

Penulis

  • Buhari Luneto
  • Muh Hasbi IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v22i1.2680

Kata Kunci:

Identification, Best Practice, Islamic Religion, Management Leadership, Global Competence

Abstrak

Fokus penelitian ini untuk mengidentifikasi tentang best practice dan Manajemen pendidikan Islam di era globalisasi yang penuh dengan persaingan global. Tujuan dari penelitian untuk mempersiapkan manajemen pendidikan Islam yang dianggap baik walaupun tantangan yang dialami dalam dunia pendidikan saat ini beragam. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Data penelitian terdiri dari primer dan sekunder. Primer berupa data yang dianggap hampir sama dari judul artikel ini yang terdapat di beberapa jurnal baik nasional maupun internasional. Sementara data sekunder adalah data pendukung dari literatur yang mempunyai keterkaitan dengan artikel ini. Adapun analisis data yang dilakukan menggunakan sistem pengkodean, interpretasi dan evaluasi data yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa best practice dan Manajemen pendidikan Islam yang dianggap mampu untuk bersaing di era globalisasi ini terdiri dari kepemimpinan transformasional, pelatihan, interaksional, dan beberapa gaya kepemimpinan lainnya.

Diterbitkan

2022-07-19

Terbitan

Bagian

Articles