Relevansi Prinsip-Prinsip Pendidikan Psikologis dan Tujuan Pendidikan Islam Berbasis Al-Qur'an dan Hadist

Penulis

  • Kusmawaty Matara

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v22i1.2685

Kata Kunci:

Relevancy, principles of education, the goals of Islamic education, the source of the Koran

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan relevansi antara prinsip-prinsip pendidikan psikologi dengan tujuan pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur'an dan hadits. Untuk itu data yang kami peroleh bersumber dari temuan-temuan ilmiah dari para ahli baik psikologi maupun pendidikan Islam dari berbagai sumber buku dan publikasi artikel ilmiah. Semua itu telah kami pelajari dengan seksama dengan pendekatan fenomenologis, suatu pendekatan untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya untuk menemukan sesuatu yang fenomenal dalam hal ini yang dapat menjawab permasalahan dan hipotesis penelitian ini. Oleh karena itu, berdasarkan penelitian ini dan pembahasan kedua variabel tersebut, kami menemukan bahwa sangat sedikit relevansi yang signifikan antara prinsip-prinsip pendidikan psikologi dan tujuan pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur'an dan sumber-sumber lain yang diyakini memiliki relevansi. untuk kedua variabel di atas. Temuan ini diharapkan menjadi masukan yang diperlukan dalam mendukung penelitian serupa di masa depan, dan penelitian ini akan menjadi masukan bagi pelaksanaan peningkatan pendidikan, psikologi, dan studi agama Islam.

Diterbitkan

2022-07-26

Terbitan

Bagian

Articles