Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Melalui Sistim Boarding School Di Man Insan Cendikia Bengkulu Tengah
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v22i1.2706Kata Kunci:
Pembentukan Karakter Mandiri, Sistem Boarding School, MAN IC Bengkulu TengahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan, faktor-faktor yang terkait dan model efektif apa yang dapat diterakan dalam rangka pembentukan karakter mandiri siswa pada sistem pendidikan boarding school di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Bengkulu Tengah. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah dengan cara mendeskripsikan data yang telah diperoleh baik yang berupa dokumen atau tulisan-tulisan yang bersifat kualitatif, pada penelitian ini peneliti menjadi faktor kunci dalam memperoleh data secara kualitatif, sehingga data yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan secara metodologis, agar diperoleh data yang kuat maka peneliti menjadikan siswa, Guru dan Pembina Asrama sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang efektif dalam pembentukan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Bengkulu Tengah adalah model integrasi korelasional, yaitu menghubungkan pengetahuan, pemahaman dan pengamalan nilai-nilai karakter yang diperoleh dengan realitas sosial ditengah-tengah masyarakat.