Campaign Socialization Religious Freedom to Tolerance Religion of Student

Penulis

  • Ilham Prisgunanto

Kata Kunci:

Religious freedom, religion tolerance, mass media, campaign

Abstrak

Kebebasan beragama adalah sesuatu yang sangat pribadi dan Negara Indonesia menjunjung tinggi hak tersebut dalam konteks mengangkat martabat dan derajat bangsa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sosialisasi kampanye informasi kebebasan beragama di  media massa terhadap sikap toleransi beragama mahasiswa. Penelitian menggunakan teori efek komunikasi media massa (Uses and gratifications). Model pengolahan data dengan kuantitatif berjenis asosiatif pengaruh dengan metode survei dan diadakan di sebuah kampus di Jakarta berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tingkat kognitif hanya media televisi yang memberikan pengaruh pada mahasiswa dengan nilai r pearson correlation 0,23. Pada tingkatan konatif diketahui media poster yang berpengaruh pada sikap bertoleransi namun nilai pearson correlation -0,298. Terlalu banyak poster berisi kebebasan beragama malah akan membuat muak mahasiswa dalam menafsirkan informasi tersebut. Jelas bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara sosialisasi kampanye kebebasan beragama dengan sikap toleransi beragama pada mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. 

Diterbitkan

2014-12-01

Terbitan

Bagian

Articles