Pendekatan Konstruktivisme dalam Al-Qur’an (Studi Pedagogis terhadap Kisah Nabi Ibrahim Mencari Tuhan)

Penulis

  • Izzatur Rusuli Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon, Aceh
  • Zakiul Fuady Muhammad Daud Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon, Aceh
  • Supiah Supiah IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v22i1.2917

Kata Kunci:

constructivism, prophet Ibrahim, seeking the Lord.

Abstrak

Kisah perjalanan spiritual Nabi Ibrahim AS dalam mencari Tuhannya yang ada dalam al-Qur'an mengandung benih-benih pendekatan konstruktivisme. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendekatan konstruktivisme, bagaimana perjalanan spiritual Nabi Ibrahim AS dalam mencari Tuhannya dan bagaimana pendekatan konstruktivisme yang dipraktikkan Nabi Ibrahim AS dalam perjalanannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder serta analisis isi sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep konstruktivisme merupakan konsep pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keaktifan peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri dan melibatkan interaksi sosial. Sementara itu, perjalanan spiritual Nabi Ibrahim AS dalam mencari Tuhannya digambarkan dalam surat al-An'am ayat 76-79 di mana Nabi Ibrahim AS menjadikan bintang, bulan, matahari sebagai Tuhan. Namun, dia sampai pada kebenaran bahwa Tuhan yang benar adalah Tuhan yang menciptakan semuanya. Penerapan pendekatan konstruktivisme yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS muncul pada upaya Nabi Ibrahim untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan berbagai sumber tentang konsep ketuhanan yang pada akhirnya ia menemukan kebenaran yang hakiki.

Diterbitkan

2022-06-01

Terbitan

Bagian

Articles