Model Pembelajaran Digital Berbasis Riset di Perguruan Tinggi

Penulis

  • Abdul Halik Institut Agama Islam Negeri Parepare, Indonesia
  • St Wardah Hanafie UM PAREPARE
  • Ahmad S Rustan Universitas Muhammadiyah Parepare, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30603/au.v22i1.2927

Kata Kunci:

higher education, learning, digital, research

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transisi dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran digital. Metode penelitian adalah Research and Development yang dilaksanakan di IAIN Parepare. Tahapan penelitian dimulai dari FGD, desain produk, validasi ahli, pengujian produk, verifikasi, publikasi dan implementasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran digital berbasis penelitian sangat penting dan harus dilaksanakan. Pembelajaran digital berbasis penelitian memanfaatkan fitur digital dalam membuat konten, penelitian sebagai strategi dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil penelitian berupa konten sebagai bahan ajar, kemudian ditetapkan sistem evaluasi berupa perangkat penilaian. Kolaborasi dan riset digital dalam pembelajaran dapat mengakomodasi gaya belajar siswa yang mandiri, teliti, inkuiri, pemecahan masalah, kontekstual, autentik, dan kolaboratif

Diterbitkan

2022-06-01

Terbitan

Bagian

Articles