Model Pembelajaran Digital Berbasis Riset di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v22i1.2927Kata Kunci:
higher education, learning, digital, researchAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transisi dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran digital. Metode penelitian adalah Research and Development yang dilaksanakan di IAIN Parepare. Tahapan penelitian dimulai dari FGD, desain produk, validasi ahli, pengujian produk, verifikasi, publikasi dan implementasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran digital berbasis penelitian sangat penting dan harus dilaksanakan. Pembelajaran digital berbasis penelitian memanfaatkan fitur digital dalam membuat konten, penelitian sebagai strategi dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil penelitian berupa konten sebagai bahan ajar, kemudian ditetapkan sistem evaluasi berupa perangkat penilaian. Kolaborasi dan riset digital dalam pembelajaran dapat mengakomodasi gaya belajar siswa yang mandiri, teliti, inkuiri, pemecahan masalah, kontekstual, autentik, dan kolaboratif