Pengembangan Kurikulum Ekonomi dan Akuntansi Syariah di Sekolah (Studi atas Persepsi Guru dan Siswa di SMA Kota Gorontalo)
DOI:
https://doi.org/10.30603/au.v17i1.41Kata Kunci:
Development of curriculum islamic economics and islamic accountingAbstrak
Artikel ini mendeskripsikan persepsi guru dan siswa terhadap pengembangan kurikulum ekonomi syariah dan akuntansi syariah pada Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA) di kota Gorontalo serta bentuk pengembangan kurikulumnya. Metode survei melibatkan guru dan siswa SMA se-Kota Gorontalo dengan menggunakan random sampling dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74,1% guru dan 70,18% siswa menyatakan sangat setuju dan setuju kurikulum ekonomi dan akuntansi syariah diterapkan atau diajarkan pada jenjang Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA) di kota Gorontalo. Hasil jajak pendapat dari guru menemukan bentuk penerapan kurikulum ekonomi dan akuntansi syariah dimasukkan sebagai muatan lokal sebanyak 47%, dimasukkan ke dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 35%, dan dimasukkan ke dalam Standar Kompotensi atau Kompetensi Dasar pada mata kuliah ekonomi dan akuntansi sebanyak 6%.