Implementasi Pendidikan Sufisme dalam Pendidikan Islam

Penulis

  • Munirah Munirah Fakultas Tarbiyah & Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/jf.v16i2.1103

Kata Kunci:

Pendidikan Sufisme, Pendidikan Islam.

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap implementasi pendidikan sufisme dalam pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah kualitatif bersifat studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa tasauf mempunyai potensi besar karena dapat menawarkan pembebasan krisis spiritual, mengajak manusia mengenal dirinya sendiri, untuk lebih mengenal Tuhannya untuk memperoleh bimbingan-Nya. Hal ini menjadi pedoman dalam kehidupan  manusia yang sangat ampuh, sehingga tidak terombang ambing oleh badai kehidupan. Dengan pendekatan tasauf di era ini, lebih menekankan pada rekonstruksi sosial moral masyarakat sehingga penekanannya lebih intens pada penguatan iman sesuai dengan prinsip-prinsip akidah Islam, dan penilaian kehidupan duniawi sama pentingnya dengan kehidupan ukhrawi dalam upaya mengantisipasi era globalisasi.

Diterbitkan

2019-12-30

Cara Mengutip

Munirah, M. (2019). Implementasi Pendidikan Sufisme dalam Pendidikan Islam. Farabi, 16(2), 91–104. https://doi.org/10.30603/jf.v16i2.1103

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama