PENDIDIKAN KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT ANAK PADA PENDIDIKAN ISLAM: PERSPEKTIF PEMIKIRAN TOKOH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

  • Lukman Arsyad IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran tokoh pendidikan Islam di Indonesia tentang pentingnya pendidikan keluarga dalam mengembangkan minat anak terhadap pendidikan Islam dan relevansinya dengan pendekatan psikologi dan psikolologi Islam. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan ”studi tokoh”, yaitu pengkajian terhadap pemikiran atau gagasan seseorang pemikir, keseluruhannya atau sebagiannya. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi melalui review literatur. Teknik analisis data menggunakan metode content analisis dan deskriptif. Temuan penelitian diperoleh gambaran bahwa pemikiran tokoh tentang pendidikan keluarga dalam mengembangkan minat anak terhadap pendidikan Islam menjadi bagian terpenting sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai ajaran Islam. Hal ini didasari alasan bahwa dengan mengembangkan minat anak terhadap pendidikan Islam, maka pendidikan itu sendiri akan berpengaruh terhadap kehidupan anak. Terdapat relevansi pemikiran tokoh dengan psikologi pendidikan dan psikologi Islam. Hubungan anak dengan orang tuanya, mempunyai pengaruh dalam perkembangan agama sang anak. Akan terlihat jelas sesuatu yang  diharapkan terwujud setelah anak mengalami pendidikan Islam secara keseluruhan dalam keluarga, yaitu kepribadian anak yang membuatnya menjadi insan kamil.

Published
2021-03-17
How to Cite
Arsyad, L. (2021). PENDIDIKAN KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT ANAK PADA PENDIDIKAN ISLAM: PERSPEKTIF PEMIKIRAN TOKOH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Irfani, 16(2), 88-110. https://doi.org/10.30603/ir.v16i2.2106

Flag Counter

Web Analytics