MODEL PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER RELIGI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN BAKAT SERTA PRESTASI PESERTA DIDIK

Main Article Content

Amalia Rizki Pautina
Nur Ainun Djaena

Abstract

Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengetahui model pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Metode penelitian  yang digunakan  yakni  penelitian  kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yakni pedoman observasi, pedoman     wawancara. Teknik pengumpulan data yakni Observasi, pengamatan, Wawancara, Dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler religi terdiri dari pesantren kilat dan perayaan hari-hari besar agama Islam. Kegiatan-kegiatan tersebut mampu menarik minat peserta didik, sehingga dengan adanya kegiatan ini mereka bisa mengaktualisasikan potensi yang ada untuk dikembangkan lebih lanjut melalui latihan yang teratur demi persiapan karir di masa mendatang. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler adalah kurangnya perhatian guru terhadap pengembangan potensi dan prestasi peserta didik. Selain itu minat peserta didik terhadap kegiatan religi masih kurang.

Article Details

How to Cite
Pautina, A. R., & Djaena, N. A. (2022). MODEL PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER RELIGI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN BAKAT SERTA PRESTASI PESERTA DIDIK. Irfani (e-Journal), 17(2), 179–188. https://doi.org/10.30603/ir.v17i2.2506
Section
Articles