PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Tinjauan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Pesantren dan Madrasah

Isi Artikel Utama

Herson Anwar

Abstrak

Urgensi pendidikan multikultural dalam lembaga pendidikan Islam di Indonesia dapat di lihat dari kebutuhan pendidikan akan model pendidikan yang dapat mengangkat derajat bangsa Indonesia.Oleh sebab itulah, kehadiran pendidikan multikultural sangat di harapkan. Dengan tidak menghilangkan model pendidikan yang lama telah mengakar di Indonesia artinya pendidikan multikultural dapat dilebur dan menyatu dengan model pendidikan yang ada sehingga akan membentuk model pendidikan multikultural ala indonesia itu sendiri. Namun demikian, pendidikan multikultural di samping urgensinya bagi dunia pendidikan nasional yang memiliki manfaat yang cukup besar dalam membentuk karakter manusia Indonesia, tetapi juga memiliki kekuran\gan dimana, keâ€waspadaâ€an terhadap pendidikan multikultural pun senantiasa dijaga. Hal itu menjadi upaya dalam menjaga integritas sebagai sikap hati-hati di dalam tubuh umat Islam di Indonesia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anwar, H. (2016). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Tinjauan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Pesantren dan Madrasah. Irfani (e-Journal), 12(1), 54–68. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/457
Bagian
Articles