PENERAPAN PENDEKATAN DIFFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Khadijah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5898

Abstract

Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang penerapan pendekatan diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 VII Koto Sungai Saraik untuk menggali efektivitas, kepuasan siswa, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasi pendekatan ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengkaji penerapan pendekatan diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan differensiasi pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam implementasinya, seperti keterbatasan waktu, beban kerja guru yang meningkat, dan keterbatasan sumber daya, manfaat yang diperoleh dari pendekatan ini signifikan. Untuk mengoptimalkan penerapan pendekatan differensiasi, diperlukan dukungan yang kuat dari pihak sekolah, peningkatan pelatihan bagi guru, serta keterlibatan aktif dari orang tua. Dengan komitmen yang kuat dan kerjasama dari semua pihak, pendekatan differensiasi dapat menjadi strategi yang efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mendukung perkembangan individual siswa, dan memaksimalkan potensi belajar mereka.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Muaddyl Akhyar, & Khadijah. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN DIFFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Irfani, 20(2), 277–295. https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5898