KESEHATAN MENTAL SEBAGAI FONDASI PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DISRUPSI

Authors

  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Eliwatis Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6134

Abstract

Penelitian ini membahas urgensi integrasi konsep kesehatan mental dalam pendidikan agama Islam di era disrupsi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana pendidikan agama Islam yang umumnya hanya menekankan nilai spiritual dapat turut serta mendukung kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui literatur, buku, jurnal, dan artikel terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi antara konsep kesehatan mental dan pendidikan agama Islam berpotensi menciptakan keseimbangan antara aspek spiritual dan psikologis siswa, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan kurikulum pendidikan yang lebih holistik dan berbasis kesejahteraan mental di lembaga pendidikan.

Kata Kunci: Kesehatan Mental, Pendidikan Agama Islam, Era Disrupsi

Downloads

Published

2025-05-03

How to Cite

Salmi Wati, Eliwatis, & Muaddyl Akhyar. (2025). KESEHATAN MENTAL SEBAGAI FONDASI PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DISRUPSI. Irfani (e-Journal), 21(1), 1–15. https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6134