IMPLEMENTATION OF TOLERANCE VALUES THROUGH ISLAMIC EDUCATION AT MADIN TAKMILIYAH AL-MUNAWWARAH PENGULON
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6757Keywords:
Toleransi, Pendidikan Agama Islam, MADIN Takmilyah Al-Munawwarah Pengulon BaliAbstract
Penelitian ini berfokus pada kasus-kasus intoleransi antar agama di Bali, yang telah sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Namun, Desa Pengulon berbeda, menunjukkan kerukunan yang kuat karena pendidikan Islam di MADIN Takmiliyah Al-Munawwarah. Meskipun sukses, lembaga ini menghadapi tantangan seperti keterbatasan kurikulum dan kendala sumber daya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi nilai-nilai toleransi dalam kurikulum dan metode pengajaran di MADIN, serta tantangan yang dihadapi oleh para pendidik dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada siswa. Penelitian ini diuraikan dalam dua fokus utama: 1. Bagaimana nilai-nilai toleransi diimplementasikan dalam kurikulum dan metode pengajaran di MADIN Takmiliyah Al-Munawwarah Pengulon? 2. Tantangan apa yang dihadapi para pendidik dalam menerapkan nilai-nilai toleransi dalam pendidikan Islam di MADIN Takmiliyah Al-Munawwarah Pengulon? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan kepala madrasah, guru, orang tua, tokoh masyarakat, dan warga. Analisis dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai toleransi dilakukan melalui integrasi nilai-nilai ke dalam kurikulum, metode pengajaran berbasis praktik, ceramah, bernyanyi, dan diskusi kelompok. Tantangan yang dihadapi antara lain kurangnya kompetensi guru, terbatasnya bahan ajar, sarana dan prasarana yang kurang memadai, serta rendahnya kesadaran akan pentingnya pendidikan toleransi sejak dini.