PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.7023Keywords:
Berfikir kritis, ImplementasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pelajaran 2024–2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 65 siswa kelas X yang telah menerima pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Instrumen pengumpulan data berupa angket berpikir kritis dengan 31 item pernyataan yang mencakup empat indikator, yaitu mencari informasi, menilai informasi, membuat kesimpulan, dan membuat keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori tinggi, dengan skor rata-rata 64,52 atau setara dengan 41,63% dari skor ideal. Secara spesifik, indikator mencari informasi dan membuat keputusan termasuk dalam kategori tinggi, sementara indikator menilai informasi dan membuat kesimpulan masih tergolong rendah. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun Kurikulum Merdeka telah memberikan ruang bagi penguatan kemampuan berpikir kritis, diperlukan upaya strategis dari guru dan pihak sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa, khususnya pada aspek menilai informasi dan membuat kesimpulan





