Pengaruh kemampuan berfikir kritis siswa dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 tanjung pura tahun pelajaran 2024-2025
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i3.7023Kata Kunci:
Berfikir kritis, ImplementasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkankemampuan berpikir kritis siswa dalammengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pelajaran 2024–2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatifdengan sampel sebanyak 65 siswa kelas X yang telahmenerima pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Instrumen pengumpulan data berupa angket berpikir kritisdengan 31 item pernyataan yang mencakup empatindikator, yaitu mencari informasi, menilai informasi, membuat kesimpulan, dan membuat keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhankemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategoritinggi, dengan skor rata-rata 64,52 atau setara dengan41,63% dari skor ideal. Secara spesifik, indikator mencariinformasi dan membuat keputusan termasuk dalamkategori tinggi, sementara indikator menilai informasidan membuat kesimpulan masih tergolong rendah. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun KurikulumMerdeka telah memberikan ruang bagi penguatankemampuan berpikir kritis, diperlukan upaya strategisdari guru dan pihak sekolah untuk meningkatkankemampuan siswa, khususnya pada aspek menilai informasi dan membuat kesimpulan.