I IMPLEMENTASI PROGRAM PEER TEACHING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) UMMUL QURO AS-SUYUTY PAMEKASAN

IMPLEMENTASI PROGRAM PEER TEACHING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) UMMUL QURO AS-SUYUTY PAMEKASAN

Penulis

  • Imdadur Rohman uinmadura
  • Ali Nurhadi

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6705

Kata Kunci:

Peer Teaching Program, Quality Management, Student Graduates.

Abstrak

Program peer teaching menjadi upaya dalam peningkatan mutu lulusan dengan inovasi pembelajaran yang ada. Kepala madrasah menjadi kunci utama dalam implementasi dan perencanaan Program peer teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, faktor pendukung, dan hasil Implementasi program peer teaching sebagai upaya peningkatan mutu lulusan siswa di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ummul Quro As-Suyuty Pamekasan. Penulis menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif untuk melakukan sebuah penelitian. Hasil Dari penelitian ini yaitu menyatakan bahwa Implementasi program peer teaching dilaksanakan setiap akhir semester sebelum kelulusan. Siswa kelas akhir diberikan kesempatan untuk melaksanakan praktIk mengajar/peer teaching secara langsung di kelas. Tahapan pelaksanaannya dimulai dari pemilihan judul materi melalui rapat, bimbingan intensif dengan guru, perbaikan materi, penjadwalan praktek mengajar, pelaksanaan mengajar di kelas nyata, penilaian dari berbagai pihak, hingga evaluasi akhir yang dilaksanakan melalui rapat. Temuan baru dari program peer teaching ini dibandingkan dengan lembaga lain, di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ummul Quro As-Suyuty Pamekasan sudah ada mulai lembaga tersebut didirikan, yang menggunakan ciri khas materi keislaman meliputi pelajaran Nahwu, Mahfodzat (Qoutes), Bahasa inggris, dan Bahasa arab yang berbasis cerita (Qiraatu al-Rasyidah). Sehingga menjadi ciri khas lembaga tersebut dalam menerapkan program peer teaching sesuai kebutuhan siswa.

Diterbitkan

2025-08-06

Cara Mengutip

Imdadur Rohman, & Ali Nurhadi. (2025). I IMPLEMENTASI PROGRAM PEER TEACHING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) UMMUL QURO AS-SUYUTY PAMEKASAN: IMPLEMENTASI PROGRAM PEER TEACHING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) UMMUL QURO AS-SUYUTY PAMEKASAN. Irfani, 21(2), 488–502. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6705