KOMPETENSI TENAGA TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI SMA NEGERI 3 TAKALAR KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • Anggraeni Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ardiansyah
  • Irmawati

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6743

Keywords:

Kompetensi, Tenaga Tata Usaha, Layanan Administrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi tenaga tata usaha di SMA Negeri 3 Takalar yang mencakup aspek kepribadian, sosial, dan teknis, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kualitas layanan administrasi sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, tenaga tata usaha, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga tata usaha memiliki kompetensi kepribadian dan sosial yang baik, seperti integritas, disiplin, serta kemampuan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak di sekolah. Dari sisi teknis, tenaga tata usaha telah menguasai pengelolaan dokumen dan penggunaan teknologi informasi, meskipun masih terdapat perbedaan kemampuan dalam penggunaan aplikasi digital. Faktor pendukung utama mencakup latar belakang pendidikan, pelatihan rutin, fasilitas yang memadai, serta lingkungan kerja yang kondusif. Sementara itu, hambatan utama adalah keterbatasan sarana teknologi, pelatihan yang belum merata, dan jaringan internet yang belum stabil. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar sekolah dan Dinas Pendidikan meningkatkan pelatihan teknis, pengadaan perangkat teknologi, serta sistem informasi terintegrasi guna mendukung kinerja tenaga tata usaha dan meningkatkan kualitas layanan administrasi secara signifikan.

Downloads

Published

2025-08-08

How to Cite

Anggraeni, Muhammad Ardiansyah, & Irmawati. (2025). KOMPETENSI TENAGA TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI SMA NEGERI 3 TAKALAR KABUPATEN TAKALAR. Irfani, 21(2), 593–604. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6743