MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MEMBATIK ECOPRINT
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6765Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Ahsan Kota Jambi melalui kegiatan membatik ecoprint dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 18-20 Desember 2023, terdapat 16 anak di TK Islam Ahsan, dengan hasil analisis harian dan mingguan menunjukkan bahwa 12 anak belum menunjukkan perkembangan yang memadai dalam kreativitas mereka. Rinciannya adalah sebagai berikut: pada indikator kreativitas seni, 75% anak berada dalam kategori "Belum Berkembang" (BB) dalam hal rasa ingin tahu dan tantangan kemajuan. Penelitian ini menggunakan metode PTK yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I, intervensi dilakukan dengan kegiatan membatik ecoprint yang menggunakan bahan alami seperti jeruk dan seledri, dan pada siklus II, dilakukan evaluasi dan refleksi terhadap hasil dari siklus sebelumnya. Hasil observasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menggambar dan pembuatan karya yang menyerupai bentuk nyata. Pada siklus I dan II, terjadi pergeseran ke kategori "Mulai Berkembang" (MB), "Berkembang Sesuai Harapan" (BSH), dan "Berkembang Sangat Baik" (BSB). Faktor pendukung dalam penelitian ini meliputi metode ecoprint yang menarik dan menyenangkan, dukungan dari pendidik yang terampil, serta lingkungan belajar yang positif. Sebaliknya, faktor penghambat termasuk keterbatasan waktu, sumber daya, dan perbedaan individu dalam keterampilan dan minat anak