PENGARUH PERALIHAN PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DARI BUKU KE E-BOOK TERHADAP PENURUNAN KEMAMPUAN KONSENTRASI NUMERIK PELAJAR

Penulis

  • Suhendra Iskandar

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v15i1.1057

Kata Kunci:

e-book, Media Belajar, Konsentrasi Numerik

Abstrak

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh peralihan penggunaan media belajar dari buku ke e-book terhadap penurunan kemampuan konsentrasi numerik pelajar,  Konsentrasi numerik yang diukur dalam penelitian ini fokus pada 2 hal, yakni kecepatan dan tingkat kebenaran pengerjaan soal numerik.  Sebanyak 24 sampel diberikan 2 jenis soal perhitungan yang masing-masing jenis soal terdapat sebanyak 180 nomor untuk dikerjakan selama 180 detik.  Kedua jenis soal tersebut yakni soal yang tersaji dalam media cetak dan soal yang tersaji dalam bentuk file.  Setelah itu, diperbandingkan kecepatan dan tingkat kebenaran pengerjaan soal antara dua variabel bebas (buku dan e-book) tersebut.  Diperoleh hasil bahwa peralihan penggunaan media belajar dari buku ke e-book menurunkan kecepatan berhitung seseorang, tetapi tidak mempengaruhi tingkat kebenaran pengerjaan soal.

Unduhan

Diterbitkan

2019-06-01

Cara Mengutip

Iskandar, S. (2019). PENGARUH PERALIHAN PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DARI BUKU KE E-BOOK TERHADAP PENURUNAN KEMAMPUAN KONSENTRASI NUMERIK PELAJAR. Irfani, 15(1), 70–80. https://doi.org/10.30603/ir.v15i1.1057