PEMIKIRAN HIZBUT TAHRIR TENTANG PENDIDIKAN ISLAM

Isi Artikel Utama

Abdul Rahman Tapate

Abstrak

Tampak jelas bahwa apa yang dikemukakan oleh HT dalam pendidikan Islam yang mereka tawarkan adalah upaya integrasi keilmuan, baik tentang ilmu-ilmu yang bersumber dari tsaqofah Islam serta ilmu sains dan tekhnologi . Upaya ini tidak hanya pada konteks “integrasi keilmuan”, melainkan sudah pada level “pembaharuan” dari dalam, suatu revaluasi penuh atas pengetahuan apapun yang harus dijadikan bekal oleh seorang muslim. Selain itu, konsep pendidikan Islam Hizbut Tahrir termasuk pada kategori pemikiran pendidikan holistik Islam. Pendidikan holistik Islami yang penulis maksud adalah suatu sistem pendidikan berdasarkan pada pengadopsian sistem Islam yang kaffah, sebagaimana ketentuan yang terdapat pada (Qs. Al-Baqarah/2: 208), dengan pendekatan/penerapan Islam yang komprehensif  akan dapat mengembangkan potensi yang ada pada manusia secara keseluruhan, baik intelektual, sikap, maupun keterampilannya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tapate, A. R. (2020). PEMIKIRAN HIZBUT TAHRIR TENTANG PENDIDIKAN ISLAM. Irfani (e-Journal), 16(1), 46–68. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1329
Bagian
Articles