Dikotomi Pendidikan Islam dan Umum: Telaah Pemikiran Integrasi-Interkoneksi M. Amin Abdullah

Dikotomi, Pendidikan Islam dan Umum, Integrasi-interkoneksi

Penulis

  • Arfan Nusi IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v16i2.1874

Kata Kunci:

Kata Kunci: Dikotomi, Pendidikan Islam dan Umum, Integrasi-interkoneksi

Abstrak

Abstrak

Artikel ini mengurai tentang pertentangan antara pendidikan Islam dan umum di tengah kehidupan masyarakat beragama maupun dalam lembaga-lembaga pendidikan di tanah air. Fenomena kaum beragama merasakan bahwa kemajuan ilmu pengetahuan umum adalah ancaman yang dapat memporak-poranda bangunan keberagamaan bila disatukan dalam bingkai pendidikan Islam, demikian pula dari pendidikan umum meyakini pendidikan Islam hanya akan menghambat kemajuan. Atas dasar inilah M. Amin Abdullah menawarkan seperangkat konsep tentang pendekatan integrasi-interkoneksi dalam bangunan keilmuan. Ia sampai pada konklusi bahwa disiplin keilmuan tidak hanya berhenti sampai pada sikap single entity (arogansi keilmuan: merasa satu-satunya yang paling benar), isolated entities (dari berbagai disiplin keilmuan terjadi “isolasi”, tiada saling tegur sapa), tetapi sampai pada interconnected entities (menyadari akan keterbatasan dari masing-masing disiplin keilmuan, sehingga terjadi saling kerjasama dan bersedia menggunakan metode-metode walaupun itu berasal dari rumpun ilmu yang lain)

 

Kata Kunci: Dikotomi, Pendidikan Islam dan Umum, Integrasi-interkoneksi

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-18

Cara Mengutip

Nusi, A. (2021). Dikotomi Pendidikan Islam dan Umum: Telaah Pemikiran Integrasi-Interkoneksi M. Amin Abdullah : Dikotomi, Pendidikan Islam dan Umum, Integrasi-interkoneksi. Irfani, 16(2), 27–40. https://doi.org/10.30603/ir.v16i2.1874