RANGCAN BANGUN MENJADI GURU YANG MERDEKA

Penulis

  • Samsul Bahri IAIN Kendari
  • Zainuddin Zainuddin IAIN Kendari
  • Hasan Basri UIK Bogor
  • Halimatun Sakdiah UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v17i2.2174

Kata Kunci:

Guru, merdeka

Abstrak

 

Abstrak

Kajian ini berjudul Rancang bangun menjadi guru yang merdeka, adapun metode yang dipakai adalah deskriftif –analitis dengan pendekatan sejarah, ilmu pendiidkan, serta komparatif. Studi ini membuktikan bahwa menjadi guru yang merdeka adalah bagian profetik guru dalam proses pembelajaran, hanya saja proses pembelajaran masih memakai model lama yakni praktik pendidikan terlalu overkognitif. Kajian ini juga menemukan untuk membangun guru merdeka, maka permasalah guru harus diselesaikan secara komprehensif yang menyangkut dengan semua aspek yang terkait, yaitu aspek kualifikasi, kualitas, pembinaan, training profesi, perlindungan profesi, manajemen, kesejahteraan guru, dan tersedianya fasilitas yang memadai.

 Kata kunci: guru, merdeka 

Diterbitkan

2022-01-24

Cara Mengutip

Bahri, S., Zainuddin, Z., Basri, H., & Sakdiah, H. . (2022). RANGCAN BANGUN MENJADI GURU YANG MERDEKA. Irfani, 17(2), 125–145. https://doi.org/10.30603/ir.v17i2.2174