ANALISIS DAN DESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HOTS DAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN IPA

Isi Artikel Utama

Alfian Erwinsyah
Ramli Utina
Frida Maryati Yusuf
Erni Mohamad
Muhamad Iksan

Abstrak

Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model problem based learning berbasis higher order of thinking skill. Metode penelitian  yang digunakan  yakni  penelitian  Research and Development model ADDIE yang terbatas pada Langkah Analisys dan Design. Perangkat yang dikembangkan yakni Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Instrumen Penilaian. Hasil penelitian yakni Produk perangkat pembelajaran model PBL berbasis HOTS dan Literasi memiliki karakteristik nyata dalam pembelajaran, tersusun secara sistematis dengan sintaks PBL, akan mengembangkan HOTS dan literasi peserta didik. dan Produk akhir perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dilihat dari skor validator.


Kata Kunci: Perangkat, ADDIE, PBL, HOTS

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Erwinsyah, A., Utina, R. ., Yusuf, F. M. ., Mohamad, E., & Iksan, M. (2022). ANALISIS DAN DESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HOTS DAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN IPA. Irfani (e-Journal), 18(1), 24–33. https://doi.org/10.30603/ir.v18i1.2423
Bagian
Articles