Marketing Strategy for Education Services in Attracting New Students at Nurul Yaqin Tanjung Batu High School
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat siswa baru di SMA Nurul Yaqin Tanjung Batu. Adapun permasalahan yang terjadi yaitu manajemen waktu belum tepat, penyebaran brosur yang kurang efektif, jangkauan pemasaran tidak luas, banyaknya masyarakat/orang tua siswa yang tidak menguasai Informasi Teknologi (IT) dalam pendaftaran penerimaan siswa baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis lapangan field research. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, ketua panitia penerimaan siswa baru, panitia penerimaan siswa baru, wali murid dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat siswa baru di SMA Nurul Yaqin Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik dalam hal strategi target pasar dari segmen pasar. Penerapan strategi dilakukan dengan cara sosialiasi langsung. Dalam hal strategi posisi kompetitif, SMA Nurul Yaqin mempunyai keunikan serta keunggulan. Sedangkan dalam hal strategi campuran, strategi pemasaran pendidikan dilaksanakan dengan baik.