Education Marketing Strategy in Al-Amalul Khair Palembang Islamic Junior High School

Isi Artikel Utama

Febriyanti Febriyanti
Rinovian Rais
Iswahyu Pranawukir
Wira Alvio
Ivan Riyadi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang startegi pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh sekolah MTs Al- Amlaul Khair Palembang, serta faktor yang mempengaruhi startegi pemasaran pendidikan di MTs Al- Amlaul Khair Palembang. Metode penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, dan informan pendukungnya ialah tenaga pendidik, tenaga kependidikan, siswa dan masyarakat sekitar sekolah MTs Al- Amlaul Khair Palembang. Hasil peneltian ini menujukan bahwa sekolah MTs Al- Amlaul Khair Palembang telah menerapkan strategi pemasaran pendidikan yang cukup baik, beberapa program dan pelayanan yang ditawarkan dan dapat menarik minat serta selera masyarakat, kegiatan promosi yang dilakukan sekolah cukup baik dan dibentuk tim khusus untuk mempromosikan pendidikan. Kegiatan promosi yang dilakukan sekolah seperti, memasang spanduk, menyebar brosur, memasang iklan dan sosialisai ke sekolahan lain. Ada yang unik dalam promosi di MTs Al- Amlaul Khair Palembang yaitu “menjemput bola”, yang mana pihak sekolah memerikan brosur ke setiap siswa dan siswa menyebarnya ke alamatnya masing-masing, jika siswa tersebut berhasil membawa calon siswa baru, maka siswa tersebut diberi hadiah dari sekolah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Febriyanti, F., Rinovian Rais, Iswahyu Pranawukir, Wira Alvio, & Ivan Riyadi. (2022). Education Marketing Strategy in Al-Amalul Khair Palembang Islamic Junior High School. Irfani (e-Journal), 18(1), 58–69. https://doi.org/10.30603/ir.v18i1.2665
Bagian
Articles