INOVASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (NARRATIVE LITERATUR REVIEW)

Isi Artikel Utama

Alfian Erwinsyah
Frida Maryati Yusuf
Selastri Gintulangi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trend penelitian tentang inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Data penelitian diperoleh, dari 17 artikel yang diseleksi melalui aplikasi Harzings Publish or Perish ataupun melalui web springeropen.com dan sciencedirect.com mengenai topik inovasi pembelajaran IPA dengan kata kunci yang telah ditentukan dari studi awal yakni model pembelajaran Blended Learning, Augmented Reality, Virtual Laboratory/Virtual Reality dan pendekatan STEAM dari tahun 2018 hingga 2021. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Penggunaan Augmented Reality dalam pembelajaran, penggunaan model pembelajaran Blended Learning, penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran dan  penggunaan pendekatan STEM-STEAM dalam pembelajaran melalui 17 artikel jurnal,  yang kesemuanya itu semata-mata untuk mengatasi/memecahkan masalah belajar siswa seperti minat, motivasi, hasil/prestasi belajar, keterampilan berpikir. Dan berdasarkan penelitian memang empat inovasi tersebut signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran sains/IPA.


Kata Kunci: Literature Review, Inovasi Pembelajaran, IPA, Augmented Reality, Blended Learning, Laboratorium Virtual, STEAM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Erwinsyah, A., Yusuf, F. M., & Gintulangi, S. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (NARRATIVE LITERATUR REVIEW). Irfani (e-Journal), 19(2), 140–161. https://doi.org/10.30603/ir.v19i2.4246
Bagian
Articles