Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD 14 Penukal
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5734Kata Kunci:
Kepemimpinan, kepala sekolah, mutu pendidikanAbstrak
Suatu lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas mutunya agar dikenal oleh masyarakat dan memiliki pengaruh penting agar lembaga pendidikan tersebut diminati oleh masyarakat untuk menitipkan anak-anak mereka agar mendapatkan pendidikan yang baik, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tantang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 14 Penukal. Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam suatu lembaga pendidikan harus memiliki kecakapan dan memahami peran yang harus dijalankannya untuk kemajuan sekolah yang dipimpin. Maju mundurnya suatu lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh peran kepala sekolah terutama dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam lembaga pendidikan yang dipimpin, oleh karena itu maka seorang kepala sekolah harus memiliki kualifikasi yang sesuai agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpin, dengan memahami tugasnya sebagai pemimpin maka kepala sekolah dapat menjalankan kepemimpinan supaya mewujudkan sekolah yang mempunyai mutu dan berbagai pencapaian lainnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis deskriptif yaitu mendiskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, didukung dengan bukti kebenaran data yang ada. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah melaksanakan fungsinya dalam meningkatkan mutu pendidikan dan untuk mengetahui bagaimana prestasi sekolah dapat dicapai. Harapan kedepannya setelah diadakan penelitian dapat menjadi bahan rujukan bagi pengambil kebijakan, khususnya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dilembaga pendidikan yang dipimpin.
Kata kunci : Kepemimpinan, kepala sekolah, mutu pendidikan