KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SD NEGERI 7 TALANG UBI

Penulis

  • Ria Adien Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Haidarul Amjad Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Asri Karolina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5743

Abstrak

Kapasitas kepala sekolah dalam kepemimpinan transformasional sangat penting untuk memotivasi dan meningkatkan profesionalisme guru di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 7 Talang Ubi. Kepala sekolah selaku pemimpin memberikan banyak peranan terhadap keberlangsungan mutu pendidikan di sekolah. Sebagai pendidik, guru memiliki peran penting dalam berkomunikasi dan membantu siswa. Kepemimpinan transformasional dianggap membawa solusi untuk mengatasi perubahan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi lapangan. Data yang terkumpul selanjutnya di reduksi sesuai dengan fokus penelitian, dianalisa dan ditarik kesimpulan. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah, wakil kepala, guru, dan staf lainnya. Hasil saat ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional adalah karakteristik yang paling efektif dari seorang pemimpin. Dengan menerapkan prinsip kepemimpinan transformasional, guru dimotivasi untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme mereka dengan mengambil bagian dalam kegiatan rutin sekolah, memberikan kesempatan kepada guru untuk menyuarakan pendapat  dan mendorong perilaku mereka sendiri.

Diterbitkan

2024-12-06

Cara Mengutip

Adien, R., Amjad, H., Marlina, L., & Karolina, A. (2024). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SD NEGERI 7 TALANG UBI. Irfani, 20(2), 134–146. https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5743