KONSEP MUTU DAN MUTU PENDIDIKAN

Penulis

  • Ria Adien Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Haidarul Amjad
  • Sukirman
  • Leny Marlina
  • Febriyant

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6245

Abstrak

Mutu pendidikan merupakan indikator utama dalam menilai keberhasilan sistem pendidikan suatu negara. Konsep mutu sendiri mencakup kesesuaian dengan standar yang ditetapkan, kepuasaan pemangku kepentingan serta peningkatan berkelanjutan. Dalam konteks pendidikan, mutu pendidikan mencerminkan efektivitas proses pembelajara, kualitas tenaga pendidik, serta hasil belajar peserta didik. Berbagai faktor mempengaruhi mutu pendidikan di antaranya kebijakan pemerintah, kurikulum, kompetensi pendidik, sarana dan prasarana serta teknologi dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperluhkan strategi yang komprehensif, seperti penguatan profesionalisme guru, pengembangan kurikulum berbasis kebutuhan, peningkatan sarana dan prasarana, partisipasi masyarakat serta optimalisasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Dengan menerapkan startegi tersebut, diharapkan mutu pendidikan dapat terus berkembang sehingga mampu mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Kata Kunci: Mutu, Mutu Pendidikan, Faktor Mutu Pendidikan

Diterbitkan

2025-05-03

Cara Mengutip

Adien, R., Haidarul Amjad, Sukirman, Leny Marlina, & Febriyant. (2025). KONSEP MUTU DAN MUTU PENDIDIKAN. Irfani, 21(1), 75–97. https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6245