PERENCANAAN STRATEGIS DALAM PENDIDIKAN: PILAR UTAMA MENUJU TRANSFORMASI DAN INOVASI SD NEGERI 7 TALANG UBI

Penulis

  • Winda Nopriani
  • Ria Adien Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Parasih
  • Kasinyo Harto
  • Fitri Oviyanti

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6252

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan strategis yang diterapkan di SD Negeri 7 Talang Ubi guna meningkatkan kualitas pendidikan serta adaptasi terhadap perubahan zaman. Fokus utama dari penelitian ini adalah perumusan visi, misi, tujuan, serta langkah-langkah implementasi strategi pendidikan yang berbasis teknologi dan karakter. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi, termasuk analisis SWOT yang mencakup kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara, serta analisis dokumen sekolah. Data diperoleh dari berbagai sumber, termasuk kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan dokumen perencanaan strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategis SD Negeri 7 Talang Ubi telah dirancang secara sistematis melalui evaluasi visi dan misi, penyusunan rencana jangka menengah dan panjang, serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi berkala. Implementasi strategi ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, serta penguatan karakter siswa, sehingga sekolah mampu bertransformasi menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan inovatif.

Kata Kunci: Perencanaan strategis, Pendidikan, Inovasi, Analisis SWOT

Diterbitkan

2025-05-03

Cara Mengutip

Winda Nopriani, Adien, R., Parasih, Kasinyo Harto, & Fitri Oviyanti. (2025). PERENCANAAN STRATEGIS DALAM PENDIDIKAN: PILAR UTAMA MENUJU TRANSFORMASI DAN INOVASI SD NEGERI 7 TALANG UBI. Irfani, 21(1), 38–52. https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6252