PENDIDIKAN BERKARAKTER PESERTA DIDIK SDN 10 TALANG UBI MELALUI PROGRAM IMTAQ
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6258Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Program Iman dan Taqwa (IMTAQ) dalam pembentukan karakter peserta didik di SD Negeri 10 Talang Ubi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil survei menunjukkan bahwa implementasi Program IMTAQ berkontribusi dalam meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, serta sikap sosial peserta didik. Meskipun demikian, terdapat tantangan dalam pelaksanaan program, seperti keterbatasan sarana dan prasarana serta perlunya peningkatan keterlibatan orang tua dan masyarakat. Studi ini merekomendasikan peningkatan dukungan fasilitas, pelatihan guru, serta evaluasi berkala guna mengoptimalkan efektivitas program.
Kata kunci: Program IMTAQ, pendidikan karakter, sekolah dasar, pengembangan moral.