Manajemen Pendidikan Islam MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MEMBUDAYAKAN LITERASI MEDIA DAN PENERAPAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BUKIT ASAM TANJUNG ENIM
SCHOOL MANAGEMENT IN CULTIVATING MEDIA LITERACY AND THE APPLICATION OF TECHNOLOGY IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING AT SMP BUKIT ASAM TANJUNG ENIM
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6273Abstrak
Abstrak
Peningkatan mutu pendidikan merupakan tujuan utama dalam sistem pendidikan Indonesia, terutama dalam pendidikan agama Islam. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah melalui manajemen sekolah yang efektif dalam membudayakan literasi media dan penerapan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi manajemen sekolah dalam membudayakan literasi media serta penerapan teknologi dalam pembelajaran PAI di SMP Bukit Asam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran serta program literasi media melalui "Dear Time" berhasil meningkatkan kualitas pemahaman siswa terhadap materi PAI, meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam hal akses teknologi dan pemahaman siswa terhadap penggunaan media digital. Implementasi teknologi yang optimal dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan mendukung peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
Kata Kunci: Literasi Media, Teknologi, Manajemen Sekolah, Mutu Pendidikan.