EFIKASI MANAJERIAL PEMIMPIN DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA BARU DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL KARANG RINGIN II MUBA
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6291Abstrak
ABSTRAK
Artikel ini mengkaji "Efikasi Manajerial Pemimpin Dalam Mengembangkan Lembaga Baru Di Muhammadiyah Boarding School Karang Ringin II Muba" dengan tujuan untuk memahami peran efikasi manajerial pemimpin dalam pengembangan lembaga pendidikan baru di tengah tantangan pendidikan kontemporer. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin dengan efikasi manajerial yang tinggi mampu mengelola potensi diri dan sumber daya, meningkatkan keterampilan guru, beradaptasi dengan perubahan lingkungan, serta menerapkan strategi kepemimpinan yang fleksibel dan adaptif. Implikasi dari temuan ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan kapasitas pemimpin dalam pengelolaan lembaga pendidikan dan penerapan strategi inovatif untuk mengatasi tantangan yang ada. Saran yang diusulkan mencakup perlunya program pelatihan dan pengembangan profesional berkelanjutan bagi pemimpin dan guru untuk meningkatkan efikasi dan kualitas pendidikan di lembaga. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan berharga bagi pemangku kepentingan di dunia pendidikan untuk menciptakan lembaga yang berkualitas dan berkelanjutan.
Kata Kunci: Efikasi Manajerial, Pendidikan, Kepemimpinan, Boarding School