INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM: TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA DIGITAL

Penulis

  • Rastiana universitas islam negeri raden fatah palembang
  • M. Aditya Salam
  • Naila Putri Imani
  • Kasinyo Harto
  • Fitri Oviyanti

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6292

Abstrak

ABSTRAK

Pada abad ke-21 ini, perubahan kemajuan teknologi digital telah menjadi fenomena global yang memberikan dampak di banyak aspek termasuk pendidikan. Digitalisasi tidak hanya berdampak pada cara penyampaian informasi tapi juga paradigma dalam pendidikan secara mendasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber akademis yang valid dan relevan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian kualitatif kajian pustaka yaitu analisis tema dengan mengelompokkan hasil temuan ke dalam topik besar yang dapat menggambarkan pola data yang didapatkan. Perkembangan teknologi memberikan tantangan berupa hambatan pada infrastruktur dan sumber daya, keterampilan dan literasi digital pendidik belum memadai, dan kesenjangan antara perumusan kebijakan dengan implementasi teknologi di sekolah. Peluang yang dapat dimanfaatkan yaitu peningkatan standar dan efektivitas proses belajar, peningkatan kompetensi digital guru secara teknis di lapangan dan sinergi  strategis antara kebijakan dan penerapan teknologi. Beberapa hal yang menjadi rekomendasi sebagai langkah perencanaan strategis yaitu perumusan dan pengembangan perencanaan pendidikan Islam lebih inklusif dan adaptif, pengembangan kurikulum yang terbuka dan fleksibel dengan menyertakan literasi digital, melakukan investasi untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur teknologi di lingkungan lembaga pendidikan dan implementasi sistem manajerial untuk melakukan monitoring dan penilaian berbasis data secara berkelanjutan.

Kata Kunci: Perencanaan Pendidikan Islam, Teknologi Informasi, Transformasi Digital

Diterbitkan

2025-05-03

Cara Mengutip

Rastiana, M. Aditya Salam, Naila Putri Imani, Kasinyo Harto, & Fitri Oviyanti. (2025). INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM: TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA DIGITAL . Irfani, 21(1), 129–141. https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6292