DINAMIKA KONFLIK SOSIAL SISWA BARU DAN PERAN GURU DALAM MENGATASINYA : STUDI KASUS SISWA KELAS 7 DI SMP ZAMZAM INTEGRATED ISLAMIC SCHOOL

Penulis

  • Syaikhul Kubro UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muh. Hanif UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6335

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam mengatasi konflik yang terjadi pada siswa baru, khususnya siswa kelas 7 di SMP Zamzam Integrated Islamic School (ZIIS). Dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, penelitian ini mengungkapkan berbagai jenis konflik yang dialami siswa, seperti konflik individu, antar individu, dan antara individu dengan kelompok. Faktor-faktor pemicu konflik di antaranya ketidakdewasaan emosional dan latar belakang keluarga (broken home). Penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting sebagai penengah, pendamping tanpa menghakimi, pengajar keterampilan pemecahan masalah, serta komunikator antara sekolah dan orang tua. Strategi-strategi ini diperkuat oleh sinergi antar guru, dukungan kepala sekolah, dan keterlibatan orang tua melalui program “parent teaching”. Hasil penelitian menegaskan bahwa manajemen konflik yang efektif berkontribusi terhadap terciptanya lingkungan belajar yang nyaman, kondusif, dan mendukung perkembangan karakter siswa. Studi ini diharapkan menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan lain dalam mengelola konflik siswa secara konstruktif.

Kata Kunci: peran guru, manajemen konflik, siswa baru,

Diterbitkan

2025-07-25

Cara Mengutip

Kubro, S., & Muh. Hanif. (2025). DINAMIKA KONFLIK SOSIAL SISWA BARU DAN PERAN GURU DALAM MENGATASINYA : STUDI KASUS SISWA KELAS 7 DI SMP ZAMZAM INTEGRATED ISLAMIC SCHOOL. Irfani, 21(1), 215–231. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6335