PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6548Abstrak
Penelitian ini membahas pengembangan kurikulum pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) sebagai strategi untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menghadapi tantangan abad 21. Pembelajaran berbasis proyek menekankan pada keterlibatan aktif siswa melalui penyelesaian proyek nyata yang mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Pendekatan ini dirancang agar kurikulum berfokus pada proyek sebagai inti pembelajaran, serta menekankan investigasi konstruktif, otonomi peserta didik, dan relevansi kontekstual proyek. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan untuk menganalisis prinsip, desain, implementasi, serta evaluasi pembelajaran berbasis proyek. Hasil kajian menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan motivasi, kemampuan problem solving, dan partisipasi aktif siswa. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan distribusi kerja yang tidak merata, pembelajaran berbasis proyek memberikan peluang besar dalam membentuk karakter siswa dan menghubungkan pembelajaran dengan realitas sosial.