PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS APRESIASI DAN SANKSI: TELAAH KONSEPTUAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6615Abstrak
ABSTRAKPendidikan karakter merupakan fondasi utama dalam membentuk kepribadian generasi muda yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan global. Artikel ini membahas pendidikan karakter berbasis apresiasi dan sanksi dalam perspektif Al-Qur’an melalui kajian konseptual berbasis studi pustaka. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis tematik terhadap ayat-ayat Al-Qur’an, tafsir, dan literatur pendidikan Islam yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa Al-Qur’an memberikan penghargaan (apresiasi) terhadap perilaku positif melalui janji pahala dan motivasi spiritual, serta menegaskan pentingnya sanksi sebagai kontrol moral yang edukatif. Integrasi apresiasi dan sanksi terbukti mampu mendorong terbentuknya karakter disiplin, bertanggung jawab, dan berorientasi pada nilai-nilai luhur. Implikasi penelitian ini menekankan perlunya penerapan model apresiasi dan sanksi yang proporsional dan humanis dalam pendidikan karakter di sekolah atau madrasah.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Apresiasi, Sanksi