Pengaruh Program MBKM Magang Mandiri terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6717Abstrak
Tingginya angka pengangguran lulusan perguruan tinggi di Indonesia mencerminkan adanya ketidaksesuaian antara hasil pendidikan tinggi dengan tuntutan dunia kerja, sehingga mendorong pemerintah meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai upaya menjembatani kesenjangan kompetensi lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Program MBKM Magang Mandiri, kesiapan kerja mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Makassar, serta menguji pengaruh program tersebut terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto dan strategi korelasional, penelitian ini melibatkan 87 mahasiswa sebagai sampel jenuh, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program MBKM Magang Mandiri berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa, dengan kontribusi substantif dalam meningkatkan keterampilan teknis, kemampuan komunikasi, problem-solving, analitis, etika profesi, serta kemampuan kerja sama tim. Temuan ini menegaskan relevansi experiential learning sebagai pendekatan efektif dalam meningkatkan employability skills mahasiswa, serta memperkaya literatur mengenai implementasi MBKM pada bidang Administrasi Pendidikan yang selama ini masih jarang diteliti. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kebijakan pendidikan tinggi, perancangan program magang yang lebih terintegrasi dengan kurikulum, serta sebagai rujukan bagi pihak industri dalam mempersiapkan tenaga kerja yang lebih kompeten dan adaptif menghadapi dinamika pasar kerja.
Kata kunci: Program MBKM, Magang Mandiri, Kesiapan Kerja Mahasiswa