HUBUNGAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA, LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI ISLAM SISWA SMA NEGERI KOTA PEKANBARU

Penulis

  • Muhammad Iqral STAI AL-Kifayah Riau

DOI:

https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6722

Kata Kunci:

pemahaman nilai-nilai Islam, penggunaan sosial media, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah

Abstrak

Pemahaman nilai-nilai Islam pada siswa merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter dan akhlak mulia, khususnya di era digital yang penuh tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan sosial media, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap pemahaman nilai-nilai Islam. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei di empat Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Pekanbaru, dengan jumlah sampel sebanyak 363 siswa yang dipilih secara tidak sengaja (accidental sampling). Instrumen berupa kuesioner tertutup digunakan untuk mengumpulkan data, dan analisis dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen dengan PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman nilai-nilai Islam, baik secara parsial maupun simultan. Lingkungan keluarga memberikan pengaruh paling dominan (β = 0,389; p < 0,001), diikuti oleh penggunaan sosial media(β = 0,228; p < 0,001) dan lingkungan sekolah (β = 0,174; p = 0,001). Ketiganya memberikan kontribusi sebesar 50,7% terhadap pemahaman nilai-nilai Islam siswa (R² = 0,507). Temuan ini menegaskan pentingnya sinergi antara keluarga, sekolah, dan media sosial sebagai upaya kolektif dalam memperkuat internalisasi nilai-nilai Islam. Implikasi penelitian ini memberikan arah strategis bagi orang tua, pendidik, dan pemangku kebijakan dalam merancang program pendidikan yang integratif berbasis nilai Islam.

Diterbitkan

2025-08-07

Cara Mengutip

Iqral, M. (2025). HUBUNGAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA, LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI ISLAM SISWA SMA NEGERI KOTA PEKANBARU. Irfani, 21(2), 534–547. https://doi.org/10.30603/irfani.v21i2.6722