MEMBANGUN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6749Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan pembelajaran kooperatif dalam membangun kecerdasan emosional siswa. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu dalam mengenali, memahami, dan mengelola emosi diri serta menjalin hubungan sosial yang sehat, yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan belajar dan pembentukan karakter peserta didik. Pendekatan pembelajaran kooperatif memberikan ruang bagi siswa untuk berinteraksi, bekerja sama, dan saling menghargai dalam proses pembelajaran, sehingga berkontribusi pada penguatan aspek-aspek kecerdasan emosional seperti empati, pengendalian diri, kesadaran sosial, dan kemampuan berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus, data di peroleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi di salah satu madrasah tingkat MTs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif secara konsisten mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan kecerdasan emosional siswa. Strategi seperti pembagian kelompok heterogen, pemberian tanggung jawab bersama, dan refleksi kelompok terbukti efektif dalam menumbuhkan sikap saling menghargai, komunikasi yang terbuka, serta peningkatan kesadaran diri. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran kooperatif bukan hanya mendorong pencapaian akademik, tetapi juga berperan penting dalam pembinaan karakter dan kecerdasan emosional peserta didik.