CANVA SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN SHOROF
DOI:
https://doi.org/10.30603/irfani.v21i1.6755Abstrak
Transformasi digital dalam pendidikan mendorong pengembangan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan siswa abad ke-21. Salah satu mata pelajaran yang membutuhkan pendekatan inovatif adalah Shorof dalam bahasa Arab, yang sering dianggap abstrak dan sulit oleh siswa sekolah dasar Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan edukatif berbasis Canva dalam meningkatkan hasil belajar Shorof di MIN 3 Rokan Hulu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen, melibatkan dua kelompok siswa kelas V: kelompok eksperimen (menggunakan Canva) dan kelompok kontrol (metode konvensional). Pengumpulan data d ilakukan melalui pre-test, post-test, observasi kelas, dan angket siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan skor post-test kelompok eksperimen (rata-rata naik 20,25 poin) dibandingkan kelompok kontrol (8,75 poin), dengan nilai p = 0,003 < 0,05. Observasi dan angket juga menunjukkan peningkatan motivasi dan keterlibatan siswa. Kesimpulannya, media permainan berbasis Canva efektif mendukung pembelajaran Shorof secara lebih interaktif dan relevan dalam konteks Kurikulum Merdeka.